Visi dan Misi

Diposting tanggal : 17 Desember 2013

VISI , MISI, TUJUAN DAN SASARAN

Rencana Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan (Renstra BPBD Kota Medan) merupakan penjabaran RPJMD Kota Medan 2011-2015, sehingga perumusan, visi, misi, tujuan, strategi, dan kebijakan BPBD Kota Medan dalam 5 (lima) tahun mendatang (2011-2015) berpedoman pada visi, misi, tujuan, strategi, dan kebijakan yang tertuang RPJMD Kota Medan 2011-2015 yang dirumuskan sebagai berikut :

 

1.1   Visi

Untuk mewujudkan penyelenggaraan tugas umum pemerintah Kota Medan dalam pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara yang dapat dipertanggungjawabkan kehadapan publik dan berdasarkan nilai-nilai luhur yang ada dan tantangan yang dihadapi serta hasil yang diharapkan dalam periode tertentu dalam masa yang akan datang, maka telah dirumuskan Visi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan tahun 2011-2015 sebagai berikut :

 

“ Terwujudnya Masyarakat Kota Medan yang Waspada dan Tangguh Terhadap Bencana”

 

1.2   Misi

  1. Melindungi masyarakat Penanggulangan Bencana yang handal.
  2. Membangun Sistem Penanggulangan Bencana secara terencana.
  3. Menyelenggarakan Penanggulangan Bencana secara terencana, terpadu dan meyeluruh

 

Motto

“Cepat, Tanggap dan Tangguh”

 

1.3   Tujuan BPBD Kota Medan

  1. Memadukan upaya penanggulangan bencana dalam rencana pembangunan daerah Kota Medan.
  2. Melindungi masyarakat dari ancaman bencana dan dampak bencana melalui usaha pemberian informasi dan pengetahuan, pendidikan, pelatihan, peningkatan keterampilan dan lain-lain.
  3. Melaksanakan tanggap darurat sejak kaji cepat, menentukan tingkat bencana, penyelamatan dan evakuasi korban, penanganan kelompok rentan dan menjamin pemenuhan kebutuhan hak dasar kepada masyarakat korban bencana.
  4. Memulihkan dan meningkatkan secara baik kehidupan sosial ekonomi, budaya dan lingkungan, serta keamanan dan ketertiban masyarakat, serta perbaikan infrastruktur / fasilitas umum, sosial yang rusak akibat bencana.
  5. Mengalokasikan dan menyediakan dana untuk penanggulangan bencana secara memadai dalam setiap tahapan penyelenggaraan.

 

1.4   Sasaran BPBD Kota Medan

  1. Menyediakan sarana dan prasarana aparatur BPBD yang memadai didalam melaksanakan tugas & fungsinya agar dapat berlangsung dengan baik dan maksimal.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan staff  BPBD, stakeholder terkait dan masyarakat didalam upaya penanggulangan bencana.
  3. Menyusun program dan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana.
  4. Meyusun program dan kegiatan kedaruratan dan logistik bencana, dan membentuk Satuan Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam upaya kaji cepat penanggulangan bencana.
  5. Membentuk Pusat Pengendalian Operasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), yang berfungsi menerima data dan informasi kebencanaan, mencatat, mengolah dan mendistribusikan pada pihak yang terkait, yang pada kondisi tanggap darurat akan ditingkatkan fungsinya menjadi Pos Komando Tanggap Darurat Bencana.
  6. Menyusun Program kerja peningkatan peran serta dan kapasitas masyarakat dalam Penanggulangan bencana.
  7. Menyusun program kerja dan kegiatan rehabilitassi dan rekonstruksi pasca bencana.
  8. Meningkatkan kualitas kelembagaan, ketatalaksanaan, dan pelayanan publik dalam penyelenggaraan penanggualangan bencana melalui penerapan prinsip-prinsip good governance.