HAL-HAL YANG MENJADI PENYEBAB TERJADINYA KEBAKARAN DI RUMAH

Administrator Senin, 20 April 2015 - 10:09:44 WIB Dibaca : 8974 Kali Kategori : Artikel

Bencana kebakaran yang acapkali melanda beberapa tempat di Indonesia terutama di kota-kota dengan kepadatan rumah yang cukup tinggi memicu saya untuk membuat artikel ini, dengan tujuan agar masyarakat dapat mencegah kebakaran agar tidak terjadi. Untuk lebih jelasnya mengenai hal-hal yang menjadi penyebab kebakaran di rumah silahkan baca penjelasannya di bawah ini:


Instalasi listrik
Hampir di setiap kejadian kebakaran hal yang menjadi pemicu kebakaran adalah hubungan pendek atau konsleting listrik, beberapa peralatan listrik yang rentan terhadap hubungan pendek adalah:

Kabel listrik, Pemakaian kabel yang tidak sesuai dengan peruntukannya menyebabkan terbakarnya lapisan pembungkus kabel, misalnya untuk pemasangan jalur utama instalasi listrik di rumah menggunakan ukuran kabel yang kecil sehingga di saat pemakaian listrik melebihi kemampuan kabel maka kabel tersebut menjadi panas yang mengakibatkan terbakarnya lapisan pelindung/pembungkus kabel sehingga memunculkan titik api yang dapat membekar areal di dekatnya misalnya kayu plapon atau dan benda lain yang mudah terbakar, selain pada pemasangan kabel utama, ternyata pemakaian unkuran kabel yang salah pun terjadi pada kabel roll atau terminal stopkontak, banyak kabel roll yang ada di pasaran yang digunakan untuk beban listrik besar padahal kemampuan kabel tersebut terbatas untuk beban listrik yang ringan-ringan saja. Misalnya kabel roll yang hanya memakai kabel kecil digunakan untuk beberapa peralatan elektronik yang daya atau watt besar.

Steker dan stopkontak, pemakaian kedua alat listrik ini tidak dapat dipisahkan karena hampir semua peralatan elektronik di rumah menggunakan keduanya agar tetap terhubung dengan listrik ketika dioperasikan, tapi sering kita jumpai penggunaannya tidaklah sesuai dengan prosedur keselamatan, kita dapat mengambil contoh misalnya: steker yang terpasang pada stopkontak paralel/kabel roll, satu buah kabel roll yang hanya mempunyai empat buah tempat colokan dipaksa untuk menerima jumlah steker yang lebih banyak dengan menambahkan stopkontak kombinasi yang mampu menambah kapasitas jumlah lubang colokan yang ada sebelumnya. Selain itu penyebab lainnya adalah timbulnya percikan api pada stopkontak yang terpasang steker, percikan api ini terjadi akibat longargarnya penjepit steker yang ada pada lubang stopkontak sehingga aliran listrik menjadi kurang maksimal terhubung maka yang terjadi adalah ngefong.

Kabel penghubung alat elektronik/slst listrik, pada kabel ini sering sering terjadi gangguan yang diakibatkan oleh gigitan tikus yang mengakibatkan terkelupasnya pelindung kabeldan sebagian kabel serabut di dalamnya terputus dan hanya meninggalkan beberapa lembar kawat tembaga saja yang tersambung, dengan demikian bila kabel yang terbuka itu saling bersentuhan akan memicu percikan api, selain oleh tikus penyebab lainnya adalah karena pemakaian alat elektronik yang sering bergerak, misalnya kabel setrika atau kabel vacuum cleaner yang saat pengoperasiannya membutuhkan mobilitas tinggi sehingga kabel penghubung listriknya robek akibat melilit sehingga kejadiannya mirip pada kabel yang digigit tikus. kejadian seperti ini jarang sekali terjadi karena biasanya kabel serabut yang konslet beberapa lembar saja akan langsung putus atau sudah teratasi dengan matinya saklar MCB, tapi bila percikan api tersebut mengenai barang yang mudah terbakar maka kemungkinan hal seperti itu bisa saja terjadi.

Saklar, Sering Saya jumpai saklar yang tidak berfungsi karena dijadikan sarang oleh semut, bila semut bersarang di sana maka konektor pada sistim mekanis yang berada di dalam saklar akan berada pada kondisi terhubung dan tidak terhubung karena badan semut menjadi konduktor(penghantar listrik), saat saklar dalam kondisi tersebut maka yang terjadi adalah terbakarnya semut tersebut dan lama kelamaan terbakar dengan sarang-sarangnya. Bila saklar di rumah anda tidak berfungsi dengan dengan baik cobalah dekati saklar tersebut bila terdengar bunyi aneh dan tercium bau seperti ada sesuatu yang terbakar maka ada kemungkinan semut yang bersarang di dalam salar terbakar sehingga menggangu aktifitas mekanisme saklar maka cepatlah perbaiki saklar sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bila kondisi tersebut tidak sepat tertangani dikhawatirkan akan memicu api dan membakar lapisan terluar kabel.

MCB, MCB adalah salah satu alat yang berfungsi mematikan aliran listrik bila terjadi penggunaan beban listrik yang melebihi kekuatan MCB atau terjadi hubungan pendek atau konsleting, tetapi bila MCB sudah rusak maka tidak ada lagi pengaman untuk memutuskan aliran listrik sehingga saat terjadi hubungan pendek maka akan muncul percikan api pada tempat tersebut dan membentuk api pada lapisan pembungkus kabel dan menjalar sepanjang bentangan kabel dan merambat ke barang-barang yang mudah terbakar seperti kayu plapon atau kusen kayu. Untuk mengetahui kondisi MCB apakah masih layak atau dipakai atau tidak silahkan baca artikel saya yang berjudul "ciri-ciri MCB yang masih bagus dan yang sudah lamah/rusak".

Kompor gas 
Hampir semua masyarakat Indonesia sudah menggunakan kompor gas untuk keperluan masak sejak dikeluarkan kebijakan oleh pemerintah tentang konversi minyak tanah ke tabung gas 3kg, tetapi karena penggunaannya termasuk hal baru bagi sebagian penduduknya maka banyak yang kurang faham tentang tata cara pemasangan dan penggunaan yang aman untuk pemakain di rumah, meski sering dilakukan penyuluhan oleh pemerintah tetap saja banyak terjadi kasus kebakaran yang diakibatkan oleh kompor gas ini. hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya kebebakaran oleh kompor gas adalah adanya kebocoran gas pada instalasi tabung ke selang sampai ke kompor seperti penjelasan di bawah ini:

Karet /seal pada mulut tabung gas yang longgar sehingga adanya gas yang keluar dari sela-sela leher tabung dan regulator yang terpasang pada tabung.
Selang yang bocor akibat gigitan tikus atau retak/belah akibat usia selang yang sudah lama.
Sabuk/gesper pengikat selang longgar.
Komponen penyalur gas pada kompor mengalami penurunan kualitas sehingga ada pipa yang bocor oleh karat.

Kelalaian dalam menggunakan peralatan rumah tangga
Hal seperti ini kerap terjadi pada saat melakukan kegiatan memasak di dapur, misalnya meninggalkan bahan makanan yang sedang digoreng dalam jangka waktu lama sehingga selain membuat bahan makanan tersebut menjadi gosong tetapi membuat minyak goreng menjadi sangat panas sehingga memancing api dari kompor untuk naik ke penggorengan yang akhirnya terbentuklah api yang menyala besar di atas penggorengan, dapat dibayangkan bila api tersebut mengenai peralatan yang mudah terbakar maka dengan cepat menjalar ke seluruh ruangan. 

contoh lainnya adalah memasukkan wadah yang berbahan logam ke dalam oven Microwave, hal tersebut dapat memicu percikan api di dalam microwave sehingga kemungkinan oven microwave akan terbakar.

Ada juga kebakaran yang diakibatkan oleh api kecil seperti oleh obat nyamuk bakar atau pntg r0k0k. misalnya penempatan obat nyamuk bakar pada tempat yang dekat dengan bahan yang mudah terbakar seperti kasur atau bantal guling dan membuang pntg r0k0k sembarangan.

Selain orang dewasa ternyata anak kecil atau balita pun dapat menjadi penyebab kebakaran, akibat kelalaian orang tua atau pengasuhnya sehingga anak dibiarkan bermain dengan benda-benda yang berbahaya. Jauhkanlah barang-barang yang dapat menimbulkan api dari anak-anak misalnya korek api dan lilin yang menyala, atau jagalah anak anda agar tidak bermain dekat dengan sumber api seperti kompor atau lampu minyak yang sedang menyala.

Demikianlah ulasan saya tentang penyebab terjadinya kebakaran yang sering terjadi di rumah tempat tinggal, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita sehingga kejadian kebakaran di Indonesia menjadi berkurang.

 

Related Post

Comments (0)
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

LEAVE A REPLY