Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan : Kuarangi Aktivitas Di Luar Rumah

Administrator Rabu, 18 Desember 2013 - 11:51:36 WIB Dibaca : 6349 Kali Kategori : Berita

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, mengimbau warga Kota Medan mengurangi aktivitas di luar rumah menyusul abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung yang terbawa angin hingga Kota Medan sejak Sabtu (23/11) malam.

Kepala BPBD Kota Medan Hana Loren mengatakan, berdasarkan informasi yang ia terima dari Posko BPBD Kabupaten Karo, debu vulkanik yang menyambangi Medan hanya terbawa angin. Sementara di Kota Kabanjahe sendiri tidak terjadi penyebaran debu seperti yang terjadi di Kota Medan," ujarnya.

Begitupun guna mengantisipasinya agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan dan keselamatan warga Medan, pihaknya telah berkoordinasi dengan 21 camat yang ada, agar mengimbau kepada warga di wilayah masing-masing untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Kami sudah koordinasikan kepada para camat. Jika mereka butuh masker, kita sudah siapkan stoknya di dinas kesehatan dan tinggal mendistribusikannya ke daerah yang membutuhkan, ungkap Hana, Minggu (24/11).

Hana menambahkan, untuk antisipasi dampak buruk debu vulkanik ini, tahap awal, BPBD Kota Medan meminta laporan per 30 menit sekali dari para camat sehingga gangguan yang ditimbulkan dapat segera diatasi.

Kalau warga Medan tetap memaksakan untuk beraktivitas di luar ruangan, hendaknya menggunakan masker dan kaca mata sebagai pelindung," sarannya.

20 Ribu Masker Habis Sementara BPBD Kota Medan membagikan 20 ribu masker kepada para pengendara yang melintas di Jalan Kapten Maulana Lubis atau tepatnya di depan Kantor Wali Kota Medan, Minggu (24/11) sore.

Menurut Hanalore masker yang mereka bagikan ini merupakan hasil kerja sama antara BPBD Kota Medan dan organisasi sosial Surya Kebenaran Indonesia (SKI).

Pembagian masker ini untuk hari ini masih di seputar Kantor Balai Kota saja, untuk pembagian besok (Senin, 25/11), masih menunggu intruksi dari Plt Wali Kota Medan, ungkapnya.

Hanna menambahkan, direncanakan, pembagian masker ini akan disebar di sejumlah sekolah mulai sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas

Imbauan menggunakan masker juga disampaikan Kasatlantas Polresta Medan Kompol Budi Hendrawan kepada masyarakat Kota Medan terutama bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Terutama bagi para pengendara sepedamotor harus memakai masker dan tetap menghidupkan lampu untuk menghindari terjadi kecelakaan, ujar Budi kepada wartawan.

Dari pantauan wartawan di sejumlah ruas jalan seperti di Jalan SM Raja, Jalan Brigjen Katamso, Jalan AH Nasution, Jalan Ring Road, dan Jalan Djamin Ginting Padang Bulan, mulai banyak warga terutama pengendara bermotor yang menggunakan masker.

Menurut Budi Hendrawan kondisi jalan di Kota Medan yang dilanda debu Sinabung bisa membahayakan para pengguna jalan.

Abu Sinabung sudah cukup mengganggu. Jarak pandang yang terbatas karena gelap malam, semakin terbatas karena adanya abu itu. Cahaya lampu tidak bisa jauh. Pengguna jalan harap berhati-hati, ujarnya.

Download Game - www.blogdownloadgamegratis.com
Download Game - www.fulldownloadgamegratis.com
Download Game - www.linkdownloadgamegratis.com

Sumber : Andalas

Related Post

Comments (0)
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

LEAVE A REPLY