Plt Walikota Medan Tinjau Korban Kebakaran Di Jalan Gaharu

Administrator Senin, 02 Desember 2013 - 21:54:33 WIB Dibaca : 1401 Kali Kategori : Berita

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H Dzulmi Eldin S MSi meninjau lokasi kebakaran di Jalan Gaharu Kelurahan Gaharu, Kecamatan Medan Timur, Selasa (20/8) Selain memberikan bantuan berupa makanan dan perlengkapan sehari-sehari para korban, Eldin juga berjanji akan berpartisipasi dan memfasilitasi agar rumah warga yang terbakar dapat dibangun kembali.

Saat melakukan peninjauan, Eldin turut didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Dra Hanna Loren Simanjuntak. Kedatangan mereka langsung disambut Camat Medan Timur Parulian Pasaribu. Selanjutnya Eldin menyalami satu persatu korban kebakaran dan berharap mereka tabah dalam menghadapi cobaan tersebut.

Setelah itu Eldin meninjau rumah warga yang hangus terbakar. Satu dari 4 unit umah yang terbakar ternyata milik orang tua Ketua Fraksi Demokrat DPRD Medan Drs Heri Zulkarnain MSi yang kini ditempati abang kandungnya Jongga Hutajulu. Heri Zulkarnain yang saat itu berada di lokasi langsung menyambut kedatangan Eldin dengan raut wajah sedih.

Usai melihat kediaman orang tua Heri yang kini tinggal puing-puing, Eldin pun coba menghiburnya agar bisa tabah menerima cobaan tersebut. Disampingi Heri, Eldin selanjutnya meninjau rumah warga yang lainnya. Dari hasil peninjauan yang dilakukan, amukan si jago merah ternyata menghanguskan seluruh rumah berikut peralatan rumah tangga di dalamnya.

Sejak kemarin kita sudah memberikan bantuan makanan untuk para korban kebakaran, termasuk peralatan tidur maupun perlengkapan sehari-hari. Sedangkan untuk anak korban yang masih bersekolah, kita memberikan bantuan pakaian dan perlengkapan sekolah. Dengan bantuan yang diberikan ini, kita berharap sekolah anak-anak tidak terganggu, harapnya.

Eldin selanjutnya mengungkapkan akan berpartisipasi dan memfasilitasi rumah warga yang terbakar sebanyak 4 unit dapat dibangun kembali. Untuk itu pihaknya akan menerima uluran tangan dari para stake holder yang ingin menyisihkan hartanya guna membantu pembangunan kembali rumah warga yang terbakar agar meringankan beban mereka.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Medan Drs H Heri Zulkarnain MSi mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Pelaksana Tugas Wali Kota Medan. Heri berharap agar Pemko Medan terus memberikan perhatian kepada para korban. Kemudian dia berharap kepada PLN agar tidak sering melakukan pemadaman listrik. Sebab, sebelum kebakaran terjadi lebih dahulu diawali dengan pemadaman listrik.

Kita minta PLN tidak sering melakukan pemadaman listrik. Saat listrik padam, warga banyak yang menggunakan lilin sebagai alat penerangan rumah. Mungkin lilin yang dipasang tidak dilapisi dengan wadah anti terbakar seperti kaca. Begitu lilin habis leleh langsung membakar. Jika pemadaman listrik terus dilakukan, maka tak tertutup kemungkinan terjadi kebakaran besar, ungkap Heri.

Sementara itu Camat Medan Timur Parulian Pasaribu mengatakan, rumah korban yang habis dilalap api sebanyak 4 unit. Keempat unit itu ditempati 7 kepala keluarga (KK) yang berjumlah 30 jiwa. Sejak kebakaran terjadi, Senin (19/8), pihaknya telah memberikan bantuan berupa makanan dan sarapan untuk para korban.

Sejauh ini, lanjutnya, pihaknya telah menyediakan satu unit rumah kosong untuk tempat penampungan sementara para korban kebakaran. Namun warga lebih memilih menginap di masjid yang berada di sebelah lokasi kebekaran. Selain itu ada beberapa korban yang dibawa menginap di rumah keluarganya. Untuk membantu warga, Pasaribu pun mendirikan posko di sekitar lokasi kebakaran.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

 

 

Related Post

Comments (0)
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

LEAVE A REPLY